Minggu, 21 April 2013

Sensus pertama kali .

sensus atau bisa disebut cacah jiwa adalah proses penghitungan jumlah populasi penduduk dalam suatu area. data sensus tertua yang direkam oleh sejarah , berasal dari masa sebelum Dinasti Xia berkuasa, kira kira 4000 tahun yang lalu. catatan itu menunjukan bahwa ada sekitar 13 juta orang yang berhasil didata oleh kerajaan china  pada masa pemerintahan kaisar augustus , sensus dilakukan dalam 5 tahun sekali. setiap rakyat romawi diwajibkan untuk pulang ke tanah kelahirannya dan mendaftarkan dirinya dalam sensus tersebut. sistem sensus ini sempat menghilang saat runtuhnya kerajaan romawi. barulah pada tahun 1665,Quebec dan Nova Scotia mulai menggalakkan lagi program ini. barulah setelah itu diikuti oleh negara negara lain.

sensus pertama di indonesia dilakukan pada tahun 1930 dan ditangani oleh centraal kantoor voor de statistiek (CKS) , bentukan pemerintah Hindia-Belanda . berbeda dengan sensus yang dilakukan oleh kerajaan romawi kuno yang bertujuan untuk mendata jumlah pria dewasa yang memenuhi syarat untuk menjadi tentara,sensus modern berguna sebagai sistim pengumpulan informasi untuk kegiatan ekonomi, pajak dan juga pemilu.


1 komentar:

  1. BetR88 Review | Is BetR88 Legal In Australia? | ThTopBet
    BetR88 is an Australian online sportsbook, with a focus on casino and poker and planet win 365 sports betting, rb88 and has been around for a while now. This is

    BalasHapus